• SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) POSO
  • Membumikan Tradisi Keilmuan Berbasis Rahmatan Lil'Alamin

GORESAN PENA Meraih Akreditasi Baik Mengapresiasi Kerja Tim Akreditasi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso Tahun 2021

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Insyirah ayat 5-6

Artinya:

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan [5] sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan [6]’’

  Firman Allah tersebut diatas diulangi sampai dua kali, ini memberikan peringatan bagi hamba-Nya  agar tidak mudah menyerah jika menghadapi kesulitan, Insya Allah akan ada kemudahan yang Allah berikan asal kita mau berusaha. Dengan memperhatikan Firman Allah tersebut di atas menjadi motivasi bagi tim akreditasi STAI Poso tahun 2021 sehingga dapat mencapai hasil yang memuaskan semua pihak.

  Merespon surat edaran Direktorat perguruan tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang akreditasi program studi STAI Poso, maka dimulailah berbagai persiapan dengan diawali membentuk tim akreditasi tahun 2021. Ada dua hal yang mendasar yang menjadi tugas tim akreditasi adalah melengkapi jumlah dosen tetap yayasan dan membenahi berbagai data yang dibutuhkan sekaligus membenahi IT yang dimiliki STAI Poso. Untuk melengkapi dosen tetap yayasan, langkah yang di ambil Pejabath STAI Poso yakni bekerja sama dengan yayasan Al-Ikhlas Poso sebagai pemilik STAI Poso, namun urusan ini tidaklah mudah karena sesuai regulasi setiap prodi pada Perguruan Tinggi harus memiliki enam orang dosen yayasan tetap, dan di STAI Poso memiliki dua prodi yaitu Ekonomi Syariah dan Manajemen Pendidikan Islam, sehinggah jumlah tenaga dosen yayasan tetap yang disediakan STAI Poso berjumlah 12 orang.

  Sehingga langkah yang ditempuh oleh tim akreditasi STAI Poso dan Yayasan Al-Ikhlas Poso yaitu mengumumkan di Website STAI Poso dan menghubungi kampus Perguruan Tinggi Negeri yang ada Kota Palu (IAIN Palu dan UNTAD) untuk minta bantuan kalau ada alumni S2 Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi.

  Waktu terus berlalu, tim akreditasi dan pengurus Yayasan Al-Ikhlas Poso bergerak cepat menemui calon-calon dosen yang berasal dari IAIN Palu dan dilaksanakan silaturahmi untuk mempererat hubungan kekeluargaan. Dari silaturahmi itulah, calon-calon dosen menyatakan kesediaaannya membantu STAI Poso, namun mereka masih meminta penjelasan-penjelasan tentang kondisi keamanan Kota Poso, dan meminta kesiapan Pejabat mengawal mereka pada saat hadir memberi kuliah, baik di Penginapan maupun berada di Kampus STAI Poso, Dan alhamdulillah Pejabat STAI Poso dapat memahaminya, Sehingga  perkuliahan dapat berjalan sampai saat ini. Terimakasih para dosen muda dan tetap semangat.

  Untuk tugas tim akreditasi yang kedua yaitu membenahi data-data yang dibutuhkan, untuk itu ditetapkan tiga operator yang menjadi ujung tombak yang mengumpulkan data, melengkapi, mengolah data dan menyajikan data, karena ada data yang perlu dilengkapi dan ada data yang harus diperbaharui lagi dan disesuaikan dengan regulasi yang berlaku. Pada saat itu, data yang diolah oleh para operator masih berlaku Tujuh standar pendidikan dan pada saat pekerjaan pengolahan data tersebut, berubah regulasi sehingga di periode ini Pejabat STAI Poso harus sudah mengikuti regulasi baru yaitu data-data yang disiapkan sudah menjadi sembilan Standar Pendidikan.

  Dengan demikian, para operator harus menambah data-data baru lagi. Pekerjaan ini juga tidaklah mudah karena memerlukan ketelitian dan keseriusan bekerja serta koordinasi dengan semua pihak yang berada di Lingkungan STAI Poso maupun yang ada di Yayasan Al-Ikhlas Poso. Selain itu pula para operator kesulitan mendapatkan bukti-bukti fisik dari data-data yang akan di input, karena Rektorat STAI Poso pernah di timpa musibah banjir ditengah malam dan air banjir tersebut masuk ke dalam kampus setinggi 1 meter yang merusak berbagai dokumen yang tersimpan dan tidak dapat diselamatkan.

  Selain pembenahan data-data tersebut, tak kalah pentingnya juga pada pembenahan perangkat Informasi Teknologi (IT) di lingkungan STAI Poso. Walaupun data-data yang telah di olah dengan sebaik-baiknya oleh para operator, jika perangkat IT tidak mendukung, bisa jadi data-data tersebut akan Error dan tidak dapat terkirim ke Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO), dan dengan kerja sama semua tim maka dapat dibenahi berbagai kendala mengenai perangkat IT  yang ada di STAI Poso. Yang tidak kalah pentingnya juga adalah tenaga operator yang handal yang menguasai teknologi serta memiliki dedikasi  yang tinggi, jadi dibutuhkan operator yang memiliki rasa pengabdian dan tanggung jawab yang tinggi, serta harus tanggap dan cepat merespon kendala-kendala yang dihadapi apabila ada data yang segera disempurnakan, Karena kita tahu bersama kadang-kadang jaringan internet berubah-rubah yang membutuhkan kesabaran seorang operator.

  Dan Alhamdulillah pada saat penilaian dari Asesor dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT), perangkat IT  STAI Poso tidak ada gangguan apapun, jadi semua pertanyaan dari tim Asesor dari BAN PT dapat dijawab dengan baik. Terimakasih untuk tim IT ( dan operator. Tak lupa pula terimakasih untuk Semua Civitas Akademi sudah menunjukan partisipasi dan dedikasi yang tinggi, termasuk para Alumni.

  Semua tim tidak mengenal waktu, baik siang maupun malam dan terus menerus melakukan komunikasi dan koordinasi yang baik dan pada akhirnya semua hambatan bisa diatasi bersama-sama. Dan perjalanan untuk hasil yang dicapai saat ini  telah memakan waktu yang panjang dan pekerjaannya lebih berat di banding akreditasi di tahun 2013. Pengabdian, pengorbanan waktu, tenaga, pikiran  yang telah di berika oleh tim akreditasi segenap Civitas Akademika dan pengurus Yayasan Al-Ikhlas Poso, perlu di apresiasi karena telah mengatasi hambatan-hambatan dan keseriusan serta  keteguhan sehingga semua telah terbukti dengan hasil akreditasi yang dicapai yaitu peredikat B.

  Melalui Goresan Pena ini, dapat digoreskan bahwa amanah yang ada dipundak para pendiri STAI Poso, sedikit demi sedikit dapat diwujudkan yaitu berdirinya sebuah Perguruan Tinggi yang Islami, yang membina generasi Bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan. Pada tulisan ini, kami berharap kepada para segenap Alumni STAI Poso dimanapun kalian berada agar tetap berkomitmen dan mengajak kepada handai taulan dan masyarakat luas untuk melanjutkan pendidikannya atau kuliah di STAI Poso. Kepada adik-adik Mahasiswa yang akan mengikuti ujian Munaqasyah Skripsi pada tanggal 24 sampai 25 September 2021 ini agar mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Dan bagi adik-adik Mahasiswa Semester VII yang akan mengikuti PKL, PPL dan KKN  bulan Oktober 2021 agar kiranya juga mempersiapkan mental dan fisik agar supaya dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Semoga kalian menjadi Alumni STAI Poso yang berkualitas dan berakhlak Mulia.

  Sebelum Goresan Pena ini di akhiri, mari kita camkan Firman Allah dalam al-Qur’an Surat Al-Insyirah ayat 7 dan 8

Artinya

“Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu Urusan) [7] dan tetaplah bekerja keras (untuk urusan selanjutnya) [8]”

  Perjuangan mengantarkan STAI Poso masih panjang, dibutuhkan kerja keras, kerja tuntas dan kerja Ikhlas, dan lebih dipatrikan dalam hati sanubari. Tidak ada kata puas dengan hasil yang telah dicapai saat ini tetapi untuk berhenti  sejenak  mengumpulkan kekuatan sudah pasti dilakukan tapi bukan berdiam diri, ukir sejarah dimasa kini semoga berbuah amal jariyah disisi Allah SWT, semoga Ilahi Rabbi meridhoi pekerjaan kita.

  Maha besar Allah yang telah memberikan kesempatan kita berkarya, semoga masih diberi kesempatan lagi untuk mengukir sejarah. Berjuang dijalan-Nya melalui pegabdian di STAI poso, bagi Ketua Yayasan Al-Ikhlas Poso yang sedang sakit, teriring doa semoga Allah memberikan kesembuhan . Amin Yaa Rabbal Alamin.

 

Penulis :

Dra. Ruwaidah Untingo - Wakil Ketua II Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso.

Komentari Tulisan Ini