«

»

Mar 01

Cetak ini Pos

Meningkatkan Ekonomi Desa, Mahasiswa STAI Poso Tanam hampir 500 Bibit Durian Otong

12799419_1319734688053686_1988779062147596417_nBakti sosial dan penanaman bibit Durian Otong yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN STAI Poso bekerja sama dengan aparat desa Bangunjaya Kecamatan Pamona Selatan pada hari Jumat (26/02) mendapat sambutan positif dari masyarakat desa Bangunjaya.

Kegiatan ini merupakan program KKN STAI Poso desa Bangunjaya setelah dilakukan serangkaian kegiatan program sebelumnya. Sebanyak 410 bibit pohon Durian Otong berasal dari mahasiswa 254 bibit dan sisanya dari warga desa. Asrijal selaku Koordinator KKN STAI Poso Wilayah B Kecamatan Pamona Selatan mengatakan, program penanaman bibit pohon durian ini bertujuan selain untuk memanfaatkan lahan desa yang tidak tergarap juga bisa berdampak ekonomi bagi warga desa. “Sejak kami ditempatkan di desa ini, kami melakukan observasi untuk merancang program, kami menemukan beberapa lahan kosong milik desa yang tidak tergarap. Sehingga muncul ide untuk memasukkan program penanaman pohon untuk memanfaatkan lahan kosong tersebut dan pilihannya adalah pohon durian Otong” ungkap Asrijal. “Selain bernilai ekonomi, penanaman pohon ini juga untuk memperindah desa Bangunjaya karena juga berguna untuk penghijauan di desa” imbuhnya. Selain mahasiswa dan masyarakat, acara penanaman pohon juga dihadiri oleh perangkat desa Bangunjaya. Kades Bangunjaya, Purnomo merasa bangga dan berterima kasih kepada Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Poso karena telah menempatkan mahasiswanya di desanya. “Sudah 2 kali desa Bangunjaya ini mendapat kepercayaan dari STAI Poso. Dan selama KKN disini kami cukup terbantu dengan hadirnya mahasiswa STAI” jelas Purnomo. “Kelebihan mahasiswa STAI Poso adalah selain memiliki program-program yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat juga mereka hadir ikut menghidupkan suasana religius di desa ini. Mislanya mengisi khutbah jumat. Dan untuk itu saya mewakili masyarakat desa Bangunjaya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada STAI Poso” imbuhnya.

Asrijal menambahkan bahwa program ini harapannya bisa berdampak jangka panjang. “Semoga dari hampir 500 bibit pohon durian yang kami tanam ini bisa dimanfaatkan jangka panjang dan bisa dirasakan oleh masyarakat disini, walaupun kami sudah selesai melaksanakan KKN” harap Asrijal. (ryan)

Bagikan
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus

Tautan permanen menuju artikel ini: http://staiposo.ac.id/2016/03/01/meningkatkan-ekonomi-desa-mahasiswa-stai-poso-tanam-hampir-500-bibit-durian-otong/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Show Buttons
Hide Buttons